Senin, 23 September 2013

SABA KEBON




SD Kanisius Kenalan memaknai Hari Tani yang jatuh pada tanggal 23 September dengan mengadakan pembelajaran "Saba Kebon." Kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 19 Setember 2013 di Promasan. Kegiatan ini diikuti cantrik kelas 2 dan kelas 4. Pukul 07 pagi cantrik sudah selesai berkemas dan mendengarkan pengantar singkat dari Ibu Santi (Guru kelas 2) dan Bapak Aris (Guru kelas 4).
Keceriaan, semangat cantrik dipagi itu menjadi harapan baru akan terbentukknya karakter ksatria baru. semua bergegas menaik mobil sekolah agar kegiatan itu berlangsung efektif (waktu tidak terbuang sia-sia). kurang lebih setengah jam akhirnya sampai ditempat yang dituju.
Dan pembagian tugas pun berlangsung semangat. Sebagian cantrik bergabung dalam kelompok merah dan sebagian lagi masuk dalam kelompok putih. "Anak-anakku, kelas 4 nanti akan dipandu oleh Bapak Aris, dan bagi kelas dua nati bersama saya" ujar Bu Santi lugas. Nampaknya cantrik-cantrikpun semakin tidak sabar untuk segera memasuki lokasi persawahan.

Pak Aris mengajak cantrik kelas 4 melihat, mengamati berbagai macam tanaman dan tumbuhan yang ada di sawah. Form LKS itu perlahan mulai penuh satu halaman. Cantrik sangat senang.
Kelas 2 bersama Bu Santi juga melakukan pengamatan binatang air, tumbuhan. Cantrik diajak untuk mengamati makhluk hidup yang dijumpainya. "Kalau siput itu berjalan dengan apa to? kakinya tidak kelihatan?".....  
jam 10 pagi, Felix murid kelas 4 memimpin doa makan. seperti biasa tanpa dikomando cantrik saling berbagi bekal makanan.
Saba Kebon diakhiri dengan melakukan tabur pupuk yang telah cantrik bawa dari rumah dilokasi persawahan.
Semoga cantrik semakin memaknai hidup dengan cinta lingkungan.  Dan semoga ada yang tertarik menjadi petani sebagai saka guru bangsa.

Frans,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar